Selasa, 13 Agustus 2013

Kelebihan Android Dibanding iPhone

  30 komentar
Kelebihan Android dibanding IPhone - Dunia smartphone semakin merajalela dengan di keluarkanya smartphone yang di keluarkan Google.inc Android OS menjadi saingan iPhone. OS Android yang bisa ditanamkan di berbagai device ini mengakibatkan banyak branch yang ingin menerapkan OS ini di dalam perangkatnya. Seperti merk Samsung, HTC, LG,Sony,dll.

Selain Android ada juga Windows Phone dan Blackberry yang sudah duluan merilis dengan spesifikasi baik tetapi dengan d keluarkanya Android yang Open Source mengakibatkan banyak pengguna yang bisa mengotak-atik lebih bebas dan di sesuaikan dengan sendiri.
Baik Android maupun iPhone sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, ada beberapa fitur yang dimiliki Android yang hingga saat ini masih belum ada di iPhone. Apa saja Kelebihan dari Android dibanding iPhone? Berikut 7 fitur eksklusif yang hanya ada di Android, seperti dikutip dari Kompas.com.

1. Layar yang lebih besar
Salah satu hal yang menjadi pembeda antara Android dan iPhone adalah pihak yang mengembangkan perangkat. Hanya Apple sendiri yang mengembangkan iPhone, sedangkan Android tampak seperti proyek "keroyokan" semua vendor.

Hal tersebut tentu mendatangkan keuntungan bagi Android dari sisi desain perangkat. Dengan begitu banyaknya vendor yang mengembangkan perangkat berbasis Android akan semakin banyak pula model-model ponsel Android yang dilahirkan.

Ponsel-ponsel ini pun akhirnya hadir dalam berbagai ukuran layar. Ponsel berbasis Android memiliki ukuran layar yang variatif, antara 3 inci hingga 7 inci. Sebagian besar perangkat Android sudah dirilis dengan bentang layar lebih dari 4 inci.

Sementara itu, iPhone hingga saat ini hanya memiliki dua ukuran layar, yaitu 3,5 inci (iPhone generasi pertama hingga 4S) dan 4 inci (iPhone 5). Untuk urusan layar, Android memang bisa menyombongkan diri dengan mengatakan, "Perangkat-perangkat kami memiliki layar dengan ukuran lebih besar dari iPhone".

2. Dukungan terhadap kartu SD
Hanya ada empat kapasitas yang tersedia untuk perangkat iPhone, yaitu 8, 16, 32, dan 64 GB. Keempat kapasitas tersebut adalah harga mati karena iPhone tidak menyediakan slot kartu SD. Artinya, pengguna tidak bisa menambahkan kartu memori untuk memperluas kapasitasnya.

Berbeda dari iPhone, mayoritas perangkat berbasis Android sudah dilengkapi dengan dukungan kartu memori ini. Misalnya, apabila kapasitas media internal sebuah perangkat sebesar 64 GB dan ia mendukung kartu memori 64 GB, produk tersebut secara total memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB.


3. Bisa ganti Baterai
Desain unibody iPhone memang keren. Namun, desain ini membuat komponen baterai tidak bisa dibongkar pasang. Artinya, apabila ada kerusakan atau baterai mulai "bocor", pengguna tidak bisa mengganti sendiri komponen tersebut.

Sebagian besar produk Android dilengkapi dengan kemampuan untuk menukar baterai. Ya, memang ada beberapa perangkat yang tidak bisa ditukar baterainya karena menggunakan desain unibody. Namun, desain tersebut hanya dimiliki oleh sebagian kecil perangkat.

4. Kustomisasi layar dengan widget, aplikasi, dan wallpaper Animasi
iOS, sistem operasi yang digunakan di perangkat iPhone, telah memiliki pakemnya sendiri. Pengguna tidak bisa mengutak-atik layar home dengan menambahkan shortcut aplikasi di bagian tersebut. Pengguna juga tidak bisa memasukkan wallpaper bergerak alias animasi.

Sementara pengguna Android memiliki lebih banyak kebebasan untuk melakukan kustomisasi. Pengguna bisa menambahkan widget, semacam shortcut yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur dari sebuah aplikasi tanpa harus membukanya, di layar home. Ia juga mendukung wallpaper dalam bentuk animasi dan layar home bisa ditambahkan dengan berbagai shortcut aplikasi.

5. Aplikasi peta digital yang lebih baik
Tidak bisa dipungkiri, aplikasi Google Maps jauh lebih baik dibandingkan Apple Maps. Google Maps dapat menampilkan data yang lebih akurat dibandingkan aplikasi peta buatan Apple ini. Memang para pengguna iPhone bisa mengunduh aplikasi Google Maps melalui App Store. Namun, pengguna Android sudah langsung menikmati aplikasi tersebut tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

6. Android menggunakan charger USB standar
iPhone 5 hadir dengan port charger yang berbeda dari generasi pendahulunya, dari 30 pin menjadi hanya 8 pin. Hal ini akan merepotkan orang yang memiliki berbagai perangkat mobile Apple. Bayangkan, bagaimana jika pengguna ini membawa iPhone generasi lama, iPad generasi 2, dan juga iPhone 5. Tentunya, ia harus membawa dua jenis charger sekaligus.

Hal tersebut berbeda dari pengguna Android. Rata-rata, jenis charger yang digunakan sama, yaitu micro USB. Pengguna hanya perlu membawa satu jenis charger untuk mengisi daya berbagai jenis ponsel.

7. Sinkronisasi data Google yang sangat mudah
Para pengguna Android cukup memasukkan akun Google mereka ke ponsel dan secara otomatis semua aplikasi Google akan melakukan sinkronisasi. Ponsel secara otomatis akan mengunduh inbox di Gmail, data bookmark secara langsung berpindah ke Chrome di ponsel, dan masih banyak lagi kemudahan lainnya.
Sementara itu, pengguna iPhone harus memasukkan data akun satu per satu ke masing-masing aplikasi Google.

Nah itu dia semua tentang kelebihan Android dibanding dengan iPhone, menurut Santekno untuk orang yang suka menjelajah semua aplikasi dan terus bereksplorasi lebih baik menggunakan android karena hak untuk mengubah semua tampilan, gadget bahkan sistemnya pun bisa kita otak-atik.

Demikian informasi yang Santekno sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua. ^_^


30 komentar :

  1. Intinya Android yang paling OK Mas ... :D

    BalasHapus
  2. Sebenarnya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tapi kembali kepada kita memilih mana gadget yang sesuai dengan kebutuhan kita.

    BalasHapus
  3. pengen ngerasin dua2x tp gk mampu *smile
    makasih infox...

    BalasHapus
  4. banyak juga kelebihan android dibanding iphone. tengkyu gan infonya

    BalasHapus
  5. pertamaxx :D

    emnk android skrng lebih canggih dibandingkan iPhone

    BalasHapus
  6. masih suasana lebaran khan,
    jadi nggak apa2 kan kalo aku mohon dimaaafkan lahir batin kalau aku ada salah dan khilaf selama ini,
    back to zero again...sambil lirik kiri kanan nyari ketupat....salam :-)

    BalasHapus
  7. sama-sama bagus dan banyak digemari. Terima kasih sobat, sudah berbagi, jadi tahu kelebihan android lebih detail

    BalasHapus
  8. wah ternyata banyak juga ya gan kelebihan android di banding iphone :D

    comeback

    BalasHapus
  9. ya gan menurut saya jg android pnya banyak kelebihannya di banding iphone :)

    come back.

    BalasHapus
  10. minal aizdin walfa'izdin sob,,,,

    saya belum punya iphone,,,,
    kapan ya bisa beli?
    jadi nambah pengetahuan,,,,
    makasih sob

    BalasHapus
  11. makasih sob untuk artikelnya, untung ane pake android juga hehehe

    BalasHapus
  12. trmksih banyak mas infonya sangat bermanfaat sekali sobat

    BalasHapus
  13. android emang lebih oke gan...makanya ane beli android

    BalasHapus
  14. wah ane pake android nih,
    amang androis itu paling hebat di tahun-tahun ini.
    ,
    nice post sobat.
    kunbal >> http://lensaglobe.blogspot.com

    BalasHapus
  15. ane baru tau gan, makasih infonya

    BalasHapus
  16. Di android juga ada fitur blogger apps. Ini yang saya suka buat bikin draft artikel, jika dimana tempat muncul ide buat dipost.
    Ane bahas juga gan di blog ane tentang kelebihan android.

    BalasHapus
  17. dan tentunya android lebih terjangkau gan hehe

    BalasHapus
  18. intinya mereka ber2 ini sma2 keren ... cuma sayang kantong ane nipis jadi hanya bisa baca artikelnya aja deh.. hehehe

    BalasHapus
  19. sama2 bagus.. dan sama2 smartphone impian ane .. :)

    BalasHapus
  20. ane belum punya hp Android apalagi iphone gan :(

    BalasHapus
  21. Android oke... Iphone sebenarnya paling oke..

    Toko Baju Online

    BalasHapus
  22. Sekarang yang lagi naik daun Android ya gan..hee

    BalasHapus
  23. haha bener bangut gan lebih murah android ya :D

    BalasHapus

Peraturan Saat Berkomentar :
1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Tidak melakukan spamming
3. Tidak menyisipkan link aktif atau pun hidup

Direkomendasikan untuk memakai NAMA/URL untuk memudahkan blogwalking :D
Komentar yang tidak sesuai akan dihapus ^_^