Kamis, 02 Agustus 2012

Menilik Karakter Konsumen Online di Indonesia

  Tidak ada komentar


Shopping online (Ist.)
Jakarta - Melihat karakter konsumen online di Indonesia , terdapat banyak fakta menarik yang bisa disimak. Karakter-karakter yang dimaksud didapatkan dari data insight konsumen salah satu situs e-commerce di Indonesia, Blibli.

Dalam acara yang digelar di Jakarta, Rabu (1/8/2012), diuraikan oleh Ivan W Hudyana, Head of Marketing PT Global Digital Niaga selaku pengelola Blibli bahwa orang Indonesia itu sedikit malas dalam hal membaca.

Membaca yang dimaksud di sini adalah membaca 'aturan main' yang ada ketika berbelanja. "Konsumen di sini seneng lihat gambar, daripada baca. Pokoknya gambarnya bagus, ada harga, ada tombol buy, langsung beli aja," ujar Ivan.

"Ya, pikiran mereka sangat praktis dan cepat," tambah pria ini di sela-sela perayaan anniversary situs Blibli. Lantas karakter yang kedua adalah tidak sabaran. "Kalau sudah bayar, yang biasanya sabar jadi tidak sabaran, langsung nanya kapan sampai barangnya," seloroh Ivan.

Dari data insight konsumen juga diketahui bahwa pembeli online di sini senang iseng-iseng. "Masukin barang ke shopping card namun tidak dibayar," tambah pria ini.

Namun meski lekat dengan karakter tersebut, diakui oleh Ivan bahwa konsumen online Tanah Air itu entusias. Saat barang sudah diterima, mereka tak segan untuk langsung mengatakan terimakasih dan memberikan pujian atas pelayanan yang diberikan. "Kalau sudah diterima mereka akan say thanks, good service, dan lain-lain".

Ivan juga menyayangkan bahwa konsumen di sini belum terlalu pandai memanfaatkan keberadaan point dan voucher. "Kalau di Amerika, mereka sudah bisa menjadi smart shopper, jadi belanja dengan point yang sudah dikumpulkan, atau dengan voucher. Hal ini penting saat terjadi krisis ekonomi. Di sini, point banyak tapi tidak tahu memakainya," pungkas beliau.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Peraturan Saat Berkomentar :
1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Tidak melakukan spamming
3. Tidak menyisipkan link aktif atau pun hidup

Direkomendasikan untuk memakai NAMA/URL untuk memudahkan blogwalking :D
Komentar yang tidak sesuai akan dihapus ^_^