Rabu, 26 September 2012

Keyboard bisa 'lebih kotor dari toilet'

  2 komentar

News - Keyboard komputer bisa mengandung banyak kuman Keyboard komputer mengandung jutaan bakteri yang bisa menyebabkan sakit perut dan batuk-pilek, demikian hasil sebuah studi.

Penelitian Badan Konsumen Inggris , Which?, menunjukkan bahwa keyboard komputer bisa mengandung bakteri lebih banyak dari kursi toilet, termasuk bakteri E-coli dan staphylococcus aureus. Kedua bakteri bisa menimbulkan keracunan makanan.

Dari 33 keyboard yang diperiksa, empat dipandang menimbulkan potensi gangguan kesehatan dan satu mengandung lima kali lebih banyak dari kuman yang ditemukan di tempat duduk toilet kantor yang bersangkutan.Selama pengujian oleh Which? bulan Januari tahun ini, seorang mikrobiologis menilai salah satu keyboard di sebuah kantor begitu kotor, sehingga dia memerintahkan agar ditarik, dikarantina dan dibersihkan.
 
Benda itu memiliki 150 kali lipat dari rekomendasi batas jumlah bakteri. Pakar mikrobiologi Dr Peter Wilson pada RS University College London mengatakan, "pekerja kantoran yang berbagi komputer, berpeluang lebih besar untuk menderita sakit."

Dr Peter Wilson mengatakan, keyboard sering merupakan "cerminan apa yang ada dalam hidung dan saluran pencernaan anda".

Which? mengatakan, salah satu penyebab keyboard kotor adalah pengguna bersantap siang di meja kerja mereka, dan serpihan makanan mendorong pertumbuhan bakteri. Kebersihan diri yang buruk, seperti tidak cuci tangan setelah ke toilet, mungkin juga menjadi penyebab lain.

Salah seorang Editor Which? Sarah Kidner mengatakan, "debu dan serpihan makanan bisa dibersihkan dari keyboard dan peralatan komputer itu sebaiknya dibersihkan dengan kain halus yang sedikit dibasahkan. Keyboard juga bisa didisinfektasi dengan lembaran lap beralkohol."

Tags :

2 komentar :

  1. Mantap infonya, sukses terus ya !!

    BalasHapus
  2. ngeri ya sob..justru dari hal yang kecil tanpa kita sadari hampir tiap hari nya...kita anggap sepele..namun berdampak fatal..

    trims ya sob sdh share info nya :D

    BalasHapus

Peraturan Saat Berkomentar :
1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Tidak melakukan spamming
3. Tidak menyisipkan link aktif atau pun hidup

Direkomendasikan untuk memakai NAMA/URL untuk memudahkan blogwalking :D
Komentar yang tidak sesuai akan dihapus ^_^