Rabu, 21 November 2012

Cara Membuat Web Server

  1 komentar
LinuxCara membuat Web Server pada Fedora Core 7 merupakan suatu layanan internet yang bisa di gunakan bagi para ahli networking. Yang sering di jumpai pada Web Server adalah WWW (World Wide Web), dimana www fasilitas yang paling terpopuler di dunia internet. Kalian pernah melihat suatu Web? Pasti bagi pengguna internet dimana mencari suatu artikel pasti menemukan sebuah web entah itu blog, wordpress, joomla, dll. Protokol yang biasa digunakan pada web adalah HTTP singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. HTTP bertenggung jawab menganngani proses komunikasi antara client Web (browser atau web browser) dan Server web.

Gambar Web Server

Pada kali ini kita akan membangun Server Web  menggunakan Apache (http://httpd.apache.org/). Apache merupakan aplikasi pilihan pengguna Linux yang open source, dan Apache juga mudah dikonfigurasi, performa dan security cukup baik, dan tersedia berbagai modul tambahan dari pihak ketiga untuk menambah kemampuan apache.

Apache memerlukan Server DNS. Jadi harus paham dulu bagaimana pembuatan DNS server. Sudah mahir dengan itu baru lanjut ke Web Server. Sesuai dengan praktikan Sebelumnya yaitu DNS Server, SanTekno menggunakan Fedora Core untuk mempelajari semua ini. Jadi Anda jangan usah pusing sebenernya semua distro Linux hampir sama penginstalannya. Oke kita langsung saja ke pembahasan sebagai berikut.

A. Instalasi Apache

rpm –qa | grep httpd

httpd-2.2.4-4
httpd-manual-2.2.4-4
system-config-httpd-1.4.3-1.fc7

Instal httpd tersebut seperti yang pernah kita laukan pada postingan Perintah Linux Part 4 yaitu dengan menggunakan perintah.

rpm –ivh httpd-2.2.4-4.rpm


B. Konfigurasi Apache

Apache menyertakan beberapa buah file konfigurasi yang berada di direktori /etc/httpd/conf. File konfigurasi utama yaitu di /etc/httpd/conf/httpd.conf. File ini akan dibaca oleh daemon httpd ketika dijalankan. Seperti halnya named.conf milik DNS, httpd.conf juga sensitif terhadap pemakaian huruf besar/kecil.

Kompuer yang akan digunakan Server Web yaitu santekno.com dan port untuk service http adalah 80. Hapuslah simbol # diawal baris. Buka terlebih dahulu file httpd.conf tersebut dengan perintah sebagai barikut.

vi /etc/httpd/conf/httpd.conf

Lihat baris yang menyatakan seperti berikut.

#ServerName www.example.com:80

Gantikan menjadi seperti ini

ServerName www.santekno.com:80

C. Menjalankan Apache

Cara menjalankan sebuah Apache Web Server dengan cara seperti merestart DNS Server dengan perintah sebagai berikut.

service httpd restart

Untuk mengecek httpd sudah aktif atau belum. Ketikkan perintah sebagai berikut.

netstat –na | grep 80

Maka hasilnya akan terlihat sebagai berikut

tcp  0    0    192.168.10.90 :::*      LISTEN

Cara lain yang lebih gampang terbukti jalan atau tidaknya dengan web browser seperti Mozilla, Internet Explorer, Opera, atau yang lainnya. Jalankan web Browser lalu pada kotak Address atau URL ketikkan :


Maka hasil dari pengecekan tersebut terlihat di web browser seperti mozilla sebagai berikut.


Berikut adalah Cara Membuat dan Web Server dalam Linux. Semoga bermanfaat bagi teman-teman. Nantikan lagi tutorial selanjutnya akan lebih di perjelas dan lebih banyak lagi pengetahuan kita terhadap pemahaman web server. Terimakasih.



Referensi :
Sofana, Iwan. 2008. Mudah Membangun Server dengan Fedora. Informatika, Bandung.


1 komentar :

Peraturan Saat Berkomentar :
1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Tidak melakukan spamming
3. Tidak menyisipkan link aktif atau pun hidup

Direkomendasikan untuk memakai NAMA/URL untuk memudahkan blogwalking :D
Komentar yang tidak sesuai akan dihapus ^_^