Minggu, 25 Agustus 2013

Tips dan Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

  17 komentar
Tips dan Cara Menghemat baterai Smartphone Android - Salam sobat blogger. Santekno kali ini akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi sobat yang sering menggunakan smartphone atau gadget pada kegiatan sehari-hari. Smartphone tidak terlepas dari kehidupan kita, karena semakin canggihnya teknologi semakin cepat kita ketergantungan terhadap alat canggih tersebut.

Contohnya smartphone, sekarang Handphone bukan hanya untuk telepon dan sms saja tetapi bisa juga untuk mendukung kegiatan sehari-hari kita seperti mendukung untuk pekerjaan, kesehatan, stylist, games, bahkan bisa dijadikan sarana untuk belajar.
Baterai Smartphone Android

Semakin banyak digunakannya Handphone Smartphone maka semakin boros pula daya baterai yang dipakai. Memang seperti Android itu paling cepat habis baterainya jika digunakan seharian full seperti chatting, games dan social media. Sehingga perlu kita charger kembali Smartphone tersebut.

Berikut Santekno merangkum dari beberapa sumber yang akan memberikan Tips dan Cara Menghemat Baterai Smartphone Android diantaranya sebagai berikut :

1. Matikan sinyal radio seperti WIFI dan Bluetooth
Banyak sekali sekarang tempat-tempat yang sudah terpasang Hostpot sehingga untuk terkoneksi ke internet kita hanya perlu mengaktifkan WIFI yang ada di smartphone kita.Hal tersebut kadang lupa atau seringkali kita aktifkan terus menerus WIFI-nya karena agar bisa mendeteksi keberadaan hostpot di suatu daerah itu ada atau tidak ada sehingga mengakibatkan baterai pun terkuras untuk mencari sinyal WIFI.
Fitur Bluetooth usahakan gunakan seperlunya seperti transfer data yang hanya membutuhkan transfer beberapa menit dan jika file yang di transfer besar usahakan tidak menggunakan fitur Bluetooth untuk mengirim suatu data. Oleh karena itu matikanlah fitur-fitur tersebut yang ada di Setting--Wireless and Networks.

2. Matikan jaringan 3G, gunakan hanya jaringan 2G
Kecepatan koneksi data memang sebanding dengan pengurangan daya baterai pada smartphone sehingga menurut Santekno jika kita menggunakan untuk browsing maka gunakanlah jaringan 3G dan jika sobat sedang tidak menggunakan apa-apa smartphone-nya usahakan gunakan hanya jaringan 2G atau kita bisa matikan jaringan datanya. Ini juga bisa menghemat paket kuota data kita jika kita menggunakannya.
 
3. Aktifkan Airplane Mode.
Ada kalanya kita aktifkan Airplane Mode jika kita lagi sibuk-sibuknya dengan pekerjaan sehingga smartphone Anda tidak dipergunakan. Maka lebih gunakan saja fitur ini agar menghemat baterai juga. Dengan menyalakan Airplane Mode, semua sinyal radio, baik GSM, WiFi, hingga Bluetooth, akan langsung dimatikan.

4. Matikan Live Wallpaper
Tampilan dari Smartphone Android memang sering kita utak-atik sehingga menghasilkan tampilan background and wallpaper yang menarik dan enak untuk dilihat. Nah Live Wallpaper pun bisa mengakibatkan borosnya penggunaan baterai pada Android. Maka matikan Live Wallpaper agar tidak terlalu menguras baterai Android Anda.
 
5. Matikan fitur Getar (Vibrate) Fitur getar (vibrate) terkadang dapat sangat membantu apabila ada panggilan telepon atau pesan yang masuk pada saat pengguna sedang berkendara, rapat, atau tempat lain yang membutuhkan ponsel dalam keadaan "silent". Namun, sebenarnya fitur getaran ini membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone biasa. Berdasarkan fakta tersebut, apabila pengguna sedang tidak membutuhkan fitur ini, sebaiknya fitur getar yang ada di smartphone.

6. Matikan Aplikasi Latar belakang
Aplikasi yang selalu realtime memang itu yang sangat menguras baterai smartphone kita, maka matikanlah beberapa aplikasi Latar belakang (Background) agar bisa menghemat baterai smartphone Android Anda. Seperti Aplikasi twitter notif, facebook notif, dan lainnya.

7. Tutup aplikasi yang tidak dibutuhkan.  
Beberapa aplikasi yang dibuka secara bersamaan merupakan salah satu penyebab baterai cepat habis. Oleh karena itu, tutuplah aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi. 

8. Matikan Fitur Sync 
Ada baiknya jika kita mematikan fitur Syc atau Sinkronasi karena fitur tersebut tidak terlalu dibutukan untuk kegiatan yang realtime.

9. Jangan "streaming" 
Ya hasrat untuk menonton video di smartphone Anda memang begitu menggona tetapi itu yang sangat memboroskan baterai smartphone Android Anda. Maka kurangilah kegiatan streaming apabila ingin menghemat baterai smartphone Android Anda.

10. Kurangi volume dering
Volume dering yang semakin tinggi atau semakin keras mengakibatkan terkurasnya baterai dan membuat sistem perangkat mengeluarkan suara yang lebih keras sehingga baterai pun cepat lemah. Kurangilah volume baterai Anda.

11. Redupkan layar  
Semakin cerah tampilan layar, maka semakin cepat baterai habis. Oleh karena itu, redupkan atau matikan layar apabila sedang tidak digunakan.

12. Pilih Tema Launcher dengan arna gelap atau hitam
Launcher atau tema yang biasa diterapkan pada smartphone Android mempunyai grafik yang besar oleh karena itu carilah launcher dengan warna gelap atau hitam sehingga tidak membutuhkan pencahayaan yang terang sekali.
 
13. Gunakan sedikit mungkin homescreen
Biasanya kita selalu mendownload beberapa tema atau homescreen yang ada di smartphone kita karena agar bisa saling bergantian ketika kita bosan dengan satu homescreen. Ini juga dapat memboroskan baterai anda karena homescreen tersebut akan terus berjalan di memory.
 
14. Pilih kecerahan paling rendah
Langkah ini memang harus kita gunakan karena agar Android kita hemat. Kecerahan mengakibatkan layar kita terang dan membawa sistem bekerja keras untuk mengeluarkan pencahayaan yang lebih terang.
 
15. Taruh ponsel di area yang dimana sinyal dapat diterima dengan baik
Sinyal radio seperti 3G ataupun HSDPA itu selalu ada dimana saja tetapi ada kalanya kita harus memperhatikan Smartphone kita disimpan ditempat yang mempunyai sinyal yang baik. Jika disimpan di tempat yang susah sinyal maka Android Anda akan mencari sinyal dan mengakibatkan terkurasnya baterai Smartphone Android Anda.

Semua Tips dan Cara menghemat Baterai Smartphone Android ini memang tidak bisa semuanya bisa langsung kita terapkan tetapi setidaknya kita harus selektif dan pergunakan Smartphone Android kita sehemat mungkin agar tidak terlalu cepat men-charger kembali.

Memang ada juga sekarang powerbank yang bisa digunakan dimana saja tetapi tetap juga powerbank tersebut mempunyai kapasitas tersendiri dan harus di charge juga. Maka dari itu kita harus bisa menggunakan Smartphone dengan efektif dan efisien mungkin.

Demikian postingan Santekno mengenai Tips dan Cara Menghamet Baterai Smartphone Android. Semoga bermanfaat bagi sobat. ^_^
 

Tags :

17 komentar :

  1. wah wajib dicoba nih tipsnya. ^_^

    BalasHapus
  2. Sekalian mati'in Handphone-nya biar awet baterainya ... Whehehe

    BalasHapus
  3. iya nih walau pun sudah ada powerbank tapi tetap saja repot kalau harus menenteng- nenteng smartphone dengan powerbank. tipsnya bagus nih lengkap dan jelas , makasih banyak ya

    BalasHapus
  4. izin coba gan,,,baru beli smartphone nih heheheheh

    BalasHapus
  5. Iya nih boros banget, tipsnya perlu dicoba

    BalasHapus
  6. Nice Info.. Moga Bermanfaat Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya http://aikawafaith.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. mantap gan kontennya, kunjungi juga ya caramerawatandroid.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan terimakasih.. sip kunjungan balik ga :D

      Hapus
  8. Makasih bgt nih gan Tips Menghemat Baterai Smartphone nya ..
    sangat bermanfaat sekali ..

    BalasHapus
  9. Tutarni : Terima kasih atas tutorial yang bermanfaat, akan di coba dirumah semoga berhasil :)

    BalasHapus
  10. Wah mesti dicoba di caranya.
    Tapi boring juga kalau punya smartphone ga bisa koneksi ke WiFi atau harus aktifkan Airplane Mode. Ga bisa kirim pesan gratisan donk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mau gimana lagi gan klo mau ngehemat ya ada yang harus di korbankan salah satunya

      Hapus
  11. Oh kalo signal buruk itu ngaruh banget ya ke batre...pantes suka tiba tiba habis gitu kalo lagi di tempat yang susah signal...mana HP jadi panas lagi. Makasih gan

    BalasHapus

Peraturan Saat Berkomentar :
1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Tidak melakukan spamming
3. Tidak menyisipkan link aktif atau pun hidup

Direkomendasikan untuk memakai NAMA/URL untuk memudahkan blogwalking :D
Komentar yang tidak sesuai akan dihapus ^_^