Kamis, 01 Desember 2016

Apa itu CDN? Apakah Manfaat dari CDN?

  Tidak ada komentar

CDN merupakan kependekan dari Content Delivery Network atau Content Distribution Network. CDN merupakan jaringan cache server yang terbesar di seluruh dunia. CDN dibangun untuk menyajikan konten dari sebuah situs web secara andal, sekaligus meningkatkan ketersediaan dan kinerja situs web. Karena menyimpan aneka objek internet tersebut dalam cache-nya, CDN akan bisa mengurangi beban sebuah situs web yang dilayaninya. Ini karena pada saat seorang pengguna mengakses CDN jika konten dalam situs yang ditujunya sudah ada dalam CDN. Dalam hal ini, CDN-lah yang melayani permintaan sang pengguna. CDN bisa merupakan sebuah bagian dari organisasi atau merupakan layanan dari pihak ketiga.

CDN akan mengurangi waktu akses ke situs web karena saat seorang pengguna mengakses sebuah situs web, CDN akan memeriksa lokasi pengguna dan mengarahkannya ke server CDN terdekat dengan lokasinya. Ini dengan sendirinya akan mempercepat akses ke situs dari sisi pengguna. CDN juga bisa melindungi situs web dari serangan DDoS dengan cara menyerap serangan ini menggunakan servernya yang tersebuar di berbagai lokasi.

Jika sudah membaca artikel atas, maka dapat menarik kesimpulan yang jelas bahwa memiliki CDN dapat membuat dampak besar pada website & berikut ini adalah beberapa keuntungan ketika kita menggunakan CDN: 

  1. Kecepatan – Dengan menggunakan layanan cdn for wordpress kini situs akan lebih cepat dimuat. 
  2. Kecelakaan Resistance – content delivery networks memungkinkan kita untuk mendistribusikan beban ke beberapa server dari lalu lintas 100% ke server utama sehingga membuatnya cenderung crash. 
  3. Peningkatan Pengalaman Pengguna – Dengan teknologi terbaru content delivery networks ini sudah bisa dipastikan akan meningkatkan pengalaman pengguna. Bounce rate akan akan semkain kecil. 
  4. Peningkatan SEO – Google telah mengatakan bahwa situs lebih cepat cenderung memiliki peringkat lebih tinggi di Search Engine. 

Itulah penjelasan tentang apakah CDN itu & manfaat apa yang akan terima setelah menggunakannya. poin penting dari artikel ini sendiri adalah untuk mempercepat loading situs selain menggunakan plugin cache atau hosting unlimited.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Peraturan Saat Berkomentar :
1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Tidak melakukan spamming
3. Tidak menyisipkan link aktif atau pun hidup

Direkomendasikan untuk memakai NAMA/URL untuk memudahkan blogwalking :D
Komentar yang tidak sesuai akan dihapus ^_^