Jumat, 12 September 2014

Cara Membuat Transparan Status Bar pada Samsung Galaxy Ace 2

  1 komentar

Cara Transparan Status Bar pada  Samsung Galaxy Ace 2 - Salam teman blogger. Santekno kali ini akan menjelaskan kembali mengenai tutorial Android setelah beberapa bulan vakum dalam dunia blogger dan android. Kali ini Santekno akan lebih memberikan penjelasan perubahan dan otak - atik dalam hal tampilan dalam smartphone Android. Diawali dengan smartphone Samsung Galaxy Ace 2 yang sudah banyak tutorial yang disediakan di Santekno.

Before Transparent
After Transparent
Tutorial ini dilakukan sangat mudah hanya dengan menyalin .apk yang bisa di download disini. Kadang tampilan smartphone kita ingin berbeda dengan teman yang lain agar bisa ada perbedaan dan setidaknya lebih berbeda dengan yang lain. Memang untuk menekuni dunia developer Android itu kita tidak perlu harus dulu mahir tetapi banyak sekali tutorial yang sederhana dan bisa dipelajari oleh orang awam. Seperti Santekno, masih awam dalam hal develop android tetapi setidaknya belajar untuk mencari ilmu dan mencari informasi untuk bisa di otak - atik.

Kali ini, tutorial yang akan dijelaskan tentang transparan status bar. Status bar memang sangat penting sekali dalam suatu smartphone yang memberikan informasi notifikasi kepada user apakah ada sms, chat, ataupun email yang masuk ke smartphone kita. Dengan memberikan tampilan transparan membuat smartphone kita lebih unik dan terlihat elegan juga.
Langsung saja, kita persiapkan terlebih dahulu smartphone sobat, usahakan harus ROOT sehingga ekstensi .apk ini bisa di instal pada system langsung. Silahkan lakukan tutorial di bawah ini dengan seksama.
  1. Smarphone Galaxy Ace 2 harus dalam keadaan ROOT, bagi yang belum ROOT silahkan baca terlebih dahulu tutorial Cara Root Samsung Galaxy Ace 2.
  2. Download SystemUI.apk yang telah disediakan di Santekno dengan link SystemUI.apk.
  3. Setelah di download .apk tersebut, simpan dahulu file.
  4. Lihat samsung galaxy ace sobat dan buka aplikasi File manager atau Root Explorer lalu cari folder seperti di root\system\app. Disinilah tempat SystemUI.apk berada, agar tidak terjadi kesalahan, usahakan backup terlebih dahulu SystemUI.apk sobat dengan cara mengkopikan file tersebut ke MicroSD. [backup terlebih dahulu jangan lupa]
  5. Setelah backup selesai, copy aplikasi SystemUI.apk yang sudah di download ke folder yang tadi yaitu di root\system\app. Saat melakukan copy maka akan terlihat message untuk menimpah file tersebut dengan pilih OVERWRITE.
  6. Samsung Galaxy Ace 2 yang sudah dilakukan copy systemUI.apk maka akan semi-crash, tidak terlalu bahaya karena memang harus dilakukan reboot ulang agar bisa kembali SystemUI.apk berjalan dengan baik. Maka lakukanlah reboot dan tunggu beberapa menit untuk penginstalan ulan SystemUI.apk yang terbaru.
  7. Selesai.
Nah, demikian tutorial Cara membuat Transparan Status Bar pada Samsung Galaxy Ace 2. Semoga bermanfaat ya sobat ^_^.



1 komentar :

  1. saya sudah root tapi tidak ada folder root explorer, bagaimana ya? mohon bantuannya.

    BalasHapus

Peraturan Saat Berkomentar :
1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Tidak melakukan spamming
3. Tidak menyisipkan link aktif atau pun hidup

Direkomendasikan untuk memakai NAMA/URL untuk memudahkan blogwalking :D
Komentar yang tidak sesuai akan dihapus ^_^